Jumat, 04 Januari 2013

Tempuh Berbagai Cara untuk Hang Out Bersama Keluarga


Wakil DK OJK Rahmat Waluyanto. (Foto: Situs PLN)
Wakil DK OJK Rahmat Waluyo. (Foto:PLN)


JUMAT, 4 JANUARI 2013 - OKEZONE: SEMAKIN tinggi jabatan seseorang, maka semakin sedikit pula waktu yang dimilikinya bersama keluarga. Apalagi bila orang tersebut menduduki jabatan yang cukup lumayan di pemerintahan. Otomatis, seseorang tersebut mengemban beban dan tanggung jawab yang besar terhadap negara, di samping dengan keluarganya.

Namun, tidak demikian dengan Rahmat Waluyanto. Kendati dirinya menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK), tidak ada alasan bagi dirinya untuk tidak bisa berkumpul bersama keluarga. Apalagi, sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Dirjen Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Tingginya intensitas kesibukannya pun tak ayal membuat sosok Rahmat di tengah keluarga sulit untuk dihadirkan. Dia tidak memungkiri, kehadirannya secara fisik di tengah keluarga memang sangat sulit. Akan tetapi, hal tersebut tidak dijadikan alasan untuk tidak dekat dengan keluarga. Menurutnya, dia selalu menjaga hubungannya dengan keluarga apapun caranya.

"Tapi sekarang anak-anak saya sudah dewasa. Melalui berbagai cara, saya hanya bisa berusaha komunikasi seintens mungkin, terutama dengan anak-anak saya karena mereka yang masih punya masa depan," tuturnya kepada Okezone, belum lama ini.

Sebagai seorang ayah, sudah pasti pria yang akrab dipanggil Yanto ini mempunyai harapan terhadap buah hatinya. Dirinya pun ingin anak-anaknya kelak menjadi orang yang mandiri, mempunyai rasa kemanusiaan yang baik, sampai menjadi pekerja keras.

"Saya ingin anak saya menjadi orang yang punya kedewasaan bertindak dan berpikir, mandiri, humanis atau punya rasa kemanusiaan yang baik, serta menjadi manusia sosial seutuhnya, dan pekerja keras," kata dia.

Oleh karena itu, ketika dia mendapatkan waktu berlibur, tak jarang Rahmat merenung (self contemplation), atau menikmati keheningan bersama keluarga. "Selain itu saya juga membaca, mendengarkan musik, dan mengunjungi sanak saudara," imbuh Rahmat.

Kendati Rahmat menggenggam segala prestasinya saat menjabat sebagai Dirjen DJPU, dia merasa belum mencapai hasil yang maksimal. Menurut dia, langkahnya dalam meniti karier belum mencapai puncaknya.

"Mungkin tidak akan pernah paripurna, saya masih merasa ada banyak hal yang belum dapat saya perbuat bagi banyak orang. At least, bersikap dan berperilaku baik kepada setiap orang," jelas Rahmat.

Selain itu, Rahmat juga memupunyai motivasi terbesar dalam hidup dan karier, yakni mendapatkan kualitas kehidupan yang semakin baik. "Kehidupan yang bermakna tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi sesama manusia, siapapun mereka," tambah dia.

Di sisi lain, Rahmat juga memendam keinginan terbesar yang belum terpenuhi sampai saat ini. "Singkat saja, menjadi orang baik di mata orang lain, which is very difficult. Sangat sulit, tapi saya selalu berusaha," pungkas dia. (mrt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar