Jumat, 04 Januari 2013

Etika & Jaminan Keluarga Jadi Alasan Rasyid Tak Dirawat di RS Polri



E Mei Amelia R - detikNews

Abror Rizki/Rumgrapres
Jumat, 04 Januari 2013 Jakarta - Polda Metro Jaya menegaskan bahwa pihaknya tidak mengistimewakan Rasyid Rajasa, yang berstatus tersangka kecelakaan maut BMW X5 vs Luxio untuk tidak dirawat di RS Polri. Etika dan jaminan keluarga menjadi alasan polisi untuk tidak memindahkan perawatan Rasyid dari RSPP ke RS Polri.

"Itu masalah etika saja. Nggak ada masalah, yang jelas keluarga Rasyid sendiri menyerahkan ke proses hukum dan ada jaminan dari keluarga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Rikwanto juga menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin membanding-bandingkan perawatan di RS Polri dan RSPP.

"Ini bukan membanding-bandingkan. Kalau sudah ditangani (RSPP), ini masalah profesionalisme," kata Rikwanto.

Hingga saat ini, Rasyid masih dirawat di RSPP. Pihak kepolisian berkoordinasi dengan dokter RSPP untuk memantau kondisi kesehatan Rasyid. Kepolisian baru akan menjemputnya bila dokter RSPP sudah menyatakan ia sembuh dan dapat dimintai keterangan.

"Hasil koordinasi tersebut, yang bersangkutan masih perlu perawatan. Kalau dokter sudah nyatakan sehat dan bisa dilakukan pemeriksaan, kita lakukan penjemputan untuk diperiksa," jelas Rikwanto.

Kendati pihak RSPP sudah menyatakan secara lisan bahwa kondisi Rasyid sudah sembuh, namun polisi masih menunggu pernyataan tersebut secara tertulis.

"Bicara itu normatif. Yang jelas ada keterangan tertulis yang menyatakan bahwa dia sembuh. Secara profesional kedokteran ada pernyataan dokter, ada keterangan medis dari dokter," ungkapnya.

(mei/rmd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar